https://malang.times.co.id/
Berita

Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Kota Malang, Usung Semangat Perangi Rokok Ilegal

Kamis, 03 Oktober 2024 - 22:23
Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Kota Malang, Usung Semangat Perangi Rokok Ilegal Pataka Jer Basuki Mawa Beya dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Timur tiba di Kota Malang pada Senin (30/9/2024). (Foto: Pemkot Malang)

TIMES MALANG, MALANG – Pataka Jer Basuki Mawa Beya (JBMB) dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Timur tiba di Kota Malang pada Senin (30/9/2024) dan diterima oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan, di Balai Kota Malang.

Pataka JBMB ini dikirab dari Pemerintah Kabupaten Malang sebelum dilanjutkan ke Kota Batu pada hari berikutnya.

Prosesi penerimaan Pataka JBMB diwarnai dengan penyerahan simbolis dari Kepala Satpol PP Kabupaten Malang kepada Pj. Wali Kota Malang, yang kemudian diserahkan kepada Kasatpol PP Kota Malang.

Dalam acara tersebut, dilakukan juga pembacaan Ripta Prasasti yang berisi pesan dari Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono.

Dalam sambutannya, Iwan Kurniawan menyampaikan rasa syukur atas kelancaran prosesi kirab, terutama karena tahun ini bersamaan dengan persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada 20 November 2024.

Kirab kali ini mengusung tema pilkada damai, dengan harapan menciptakan suasana yang kondusif di seluruh wilayah Jawa Timur, khususnya Kota Malang.

Selain tema pilkada damai, kirab ini juga membawa pesan penting untuk melawan peredaran rokok ilegal. Dalam kesempatan tersebut, perwakilan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai Malang turut melakukan sosialisasi mengenai dampak negatif peredaran rokok ilegal yang merugikan negara.

Iwan juga menyampaikan bahwa pemerintah berkomitmen memberantas rokok ilegal melalui Operasi Pemberantasan Rokok Ilegal (TASROLEG), yang melibatkan unsur Satpol PP, TNI-Polri, dan Direktorat Jenderal Bea Cukai.

“Mudah-mudahan kirab ini menjadi momentum untuk memperkuat komitmen kita dalam melaksanakan Pilkada damai 2024 dan upaya bersama menggempur rokok ilegal,” ujar Iwan.

Usai prosesi penyerahan Pataka JBMB, lambang Satuan Polisi Pamong Praja Wibawa, lambang Satuan Perlindungan Masyarakat, serta lambang Pemadam Kebakaran Yudha Bhrama Jaya juga diserahkan dari Satpol PP Kabupaten Malang kepada Satpol PP Kota Malang.

Kirab Pataka JBMB akan melanjutkan perjalanannya ke Kota Batu pada Selasa (1/10/2024) dan dijadwalkan tiba kembali di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada 11 Oktober 2024, menjelang upacara peringatan Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Timur pada 12 Oktober 2024.(D)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.