https://malang.times.co.id/
Berita

Lanud Abdulrachman Saleh Gelar Lomba Lari di Run Way

Minggu, 23 Juni 2024 - 16:47
Lanud Abdulrachman Saleh Gelar Lomba Lari di Run Way Ribuan peserta lari Abdulrachman Saleh Air Force 2024, saat berlari di Runway, Minggu 23/6/2024. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANGLanud Abdulrachman Saleh Malang menggelar acara olahraga lari dengan melintas di landasan paxu pesawat terbang atau run way, Minggu (23/6/2024).

Acara  bertajuk Abdulrachman Saleh Air Force Run 2024 tersebut merupakan rangkaian agenda memperingati HUT ke-78 TNI Angkatan Udara yang jatuh pada 9 April 2024 lalu. Sebanyak 3.500 pelari mengikuti event tersebut. Peserta lari terbagi dalam dua kategori yaitu 5K dan 10K.

Para pelari disuguhi keindahan panorama Pangkalan TNI AU Lanud Abd Saleh saat pagi serta barisan siluet alutsista pesawat TNI AU yaitu EMB-314 Super Tucano, C-130 Hercules, dan Cassa 212.

Danwing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Kolonel Pnb Taufik Andriadi mengatakan, bahwa  kegiatan Air Force Run ini terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat.

Lanud-abd-Saleh-runway-2.jpg

"Pesertanya bebas, terbuka untuk seluruh kalangan masyarakat. Dan event ini juga merupakan rangkaian memperingati HUT Ke-78 TNI AU," ujar Taufik Andriadi.

Selain itu, kata dia, Abdulrachman Saleh Air Force Run 2024 ini merupakan event berskala nasional. Sehingga, pesertanya tidak hanya berasal dari wilayah Jawa Timur saja.

"Dari luar kota juga banyak. Dan peserta yang paling jauh, yaitu berasal dari Kalimantan dan Sulawesi," tambahnya.

Pihaknya juga memastikan bahwa acara lari ini tidak mengganggu jadwal penerbangan.

Lanud-abd-Saleh-runway-3.jpg

"Event ini telah dirancang sedemikian rupa, yaitu digelar pada pagi hari sekali. Kami juga menyisir (bagian landasan pacu pesawat) baik sebelum maupun setelah pelaksanaan event. Sehingga, kami pastikan aman dan tidak mengganggu jadwal penerbangan komersial dan militer," jelasnya. 

Dia menambahkan, ke depan akan digelar kembali acara serupa dengan konsep lebih menarik dan lebih meriah.

"Harapan kami dengan terselenggaranya event Abdulrachman Saleh Air Force Run, masyarakat bisa mengenal lebih dekat TNI AU khususnya Lanud Abdulrachman Saleh ini. Dan yang kedua, dapat menjaring komunitas-komunitas pelari wilayah Malang maupun Jatim, bahwasannya kami selalu mendukung penuh kegiatan olahraga," terangnya.

Sebagai informasi, Abdulrachman Saleh Air Force Run total telah digelar sebanyak 4 kali. Yaitu pada 2017, 2018, dan 2019, lalu dihentikan karena adanya pandemi Covid-19 dan kembali dilanjutkan pada 2024.(*)

Pewarta : Adhitya Hendra
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.