https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Wisuda Tahap II 2024 Polinema, Direktur Paparkan 8 Capaian Strategis Kampus

Sabtu, 28 September 2024 - 12:48
Wisuda Tahap II 2024 Polinema, Direktur Paparkan 8 Capaian Strategis Kampus Gelaran wisuda tahap II 2024 Polinema, Sabtu (28/9/2024). (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Politeknik Negeri Malang (Polinema) menggelar prosesi Wisuda Tahap II tahun 2024, Sabtu, 28 September 2024. Ada sebanyak 878 mahasiswa dari 28 Prodi yang dikukuhkan pada wisuda periode ini. Dalam kesempatan tersebut, Direktur Polinema, Supriatna Adhisuwignjo, menyampaikan banyak pesan kepada para wisudawan.

Di hadapan para wali wisuda, Direktur juga memamerkan banyak capaian prestisius yang dicapai oleh Polinema pada tahun 2024 ini. Setidaknya dia menyebut ada 8 prestasi yang telah ditorehkan;

1. Sukses Menjadi Tuan Rumah dan Juara Umum Ketiga di Porseni XIV Politeknik Seluruh Indonesia

Polinema dipercaya menjadi tuan rumah Porseni (Pekan Olahraga dan Seni) XIV Politeknik se-Indonesia yang diikuti oleh berbagai politeknik dari seluruh penjuru negeri. Dalam ajang bergengsi ini, Polinema tidak hanya sukses sebagai penyelenggara, tetapi juga meraih prestasi sebagai Juara Umum ketiga.

"Kegiatan ini menjadi bukti bahwa Polinema tidak hanya unggul di bidang akademik, tetapi juga dalam pengembangan bakat dan minat mahasiswa di bidang olahraga dan seni," ucapnya.

2. Peringkat Pertama Nasional dalam Pengelolaan Keuangan Terbaik di Lingkup BLU PTN
  
Di tingkat nasional, Polinema berhasil meraih peringkat pertama dalam kategori Pengelolaan Keuangan Terbaik di antara seluruh Lembaga Badan Layanan Umum Perguruan Tinggi Negeri (BLU PTN) se-Indonesia. Pengakuan ini menunjukkan komitmen Polinema dalam mewujudkan tata kelola yang transparan, akuntabel, dan efisien, sehingga mampu mengoptimalkan penggunaan anggaran demi peningkatan kualitas layanan pendidikan.

3. Program Student Mobility ke Perancis

Sebagai bagian dari program internasionalisasi kampus, dua mahasiswa program studi D-IV Bahasa Inggris Komunikasi Bisnis dan Profesional terpilih mengikuti program Student Mobility selama satu semester di University Polytechnique Hauts De France, Perancis.

"Keberangkatan mahasiswa ini pada akhir Agustus 2024 merupakan bukti keseriusan Polinema dalam membuka peluang global bagi mahasiswa untuk memperluas wawasan dan pengalaman di luar negeri," kata dia.

4. Mahasiswa Teknik Informatika Raih Prestasi di Program Internasional

Tiga mahasiswa program studi D-IV Teknik Informatika berhasil lolos dalam berbagai program internasional bergengsi. Satu mahasiswa terpilih mengikuti Taiwan Experience Education Program di National Chin Yi University of Technology, Taiwan, selama satu semester.

"Sementara itu, dua mahasiswa lainnya mengikuti program Cultural Bootcamp di Ilocos State Polytechnic Sur College (ISPSC), Filipina. Kegiatan ini tidak hanya mengasah kemampuan akademik, tetapi juga meningkatkan pemahaman lintas budaya," jelasnya.

5. Partisipasi di Program Mobility di Malaysia

Sebanyak tujuh mahasiswa program studi D-IV Manajemen Rekayasa Konstruksi turut serta dalam program Student Mobility di University Tun Hussein Onn University of Malaysia (UTHM), Malaysia. Program ini memungkinkan mahasiswa untuk memperoleh pengalaman akademik internasional dan membangun jaringan global, yang sangat penting dalam era globalisasi saat ini.

6. Program Spring Mobility ke China

Dua mahasiswa Polinema berhasil mengikuti program Spring Mobility ke Shandong University of Science and Technology (SDUST), China. Salah satu mahasiswa berasal dari program studi D-IV Teknik Mesin Produksi & Perawatan, sementara satu mahasiswa lainnya berasal dari D-IV Jaringan Telekomunikasi Digital.

"Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di lingkungan internasional yang berfokus pada teknologi dan inovasi," ujarnya.

7. Mahasiswa Joint Degree Siap Berangkat ke Luar Negeri

Pada semester genap tahun akademik 2024/2025, Polinema akan mengirimkan sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam program Joint Degree (JD) untuk belajar di berbagai universitas luar negeri. Sebanyak delapan mahasiswa akan menempuh studi di Manajemen & Science University (MSU), Malaysia, lima mahasiswa akan berangkat ke Shandong University of Science and Technology (SDUST), China, dan lima mahasiswa lainnya akan menempuh pembelajaran di Shenyang Aerospace University (SAU), China.

"Program Joint Degree ini dirancang untuk memberikan pengalaman pendidikan lintas negara yang komprehensif bagi mahasiswa," tuturnya.

8. Pendirian Program Doktor Terapan di Jurusan Teknik Mesin

Sebagai pencapaian monumental, Polinema telah mendapatkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan nomor 211/D/O/2024 tentang izin pembukaan Program Doktor Terapan di Jurusan Teknik Mesin.

Program studi baru ini berfokus pada Optimasi Desain Mekanik dan diharapkan akan memberikan kontribusi besar dalam pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia. Dengan berdirinya program S3 Terapan ini, Polinema siap mencetak tenaga ahli di bidang teknik yang mampu berinovasi dan memberikan solusi terhadap tantangan industri.

Supriatna menegaskan bahwa berbagai capaian ini adalah hasil kerja keras seluruh sivitas akademika Polinema. Pihaknya menegaskan bahwa Polinema berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Melalui program-program yang kami kembangkan, Polinema siap melahirkan lulusan yang unggul, berkompeten, dan siap bersaing di dunia kerja," pungkasnya (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.