https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Ada 3 Jalur Seleksi Mandiri di UIN Maliki Malang, ini Informasi Lengkapnya

Kamis, 09 Mei 2024 - 12:25
Ada 3 Jalur Seleksi Mandiri di UIN Maliki Malang, ini Informasi Lengkapnya UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyediakan tiga jalur seleksi mandiri di tahun 2024. (Foto: Bagian Perencanaan UIN Malang)

TIMES MALANG, MALANG – Setelah dibuka seleksi masuk universitas negeri jalur SNBP dan SNBT, para calon mahasiswa juga perlu mengetahui informasi seleksi jalur mandiri. Setiap kampus negeri tentu akan membuka jalur seleksi mandiri, seperti halnya UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang).

Bagi kamu yang berniat mendaftar di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melalui jalur seleksi mandiri, berikut hal yang perlu diketahui. 

Mandiri Tulis Tes

Jalur mandiri berbasis tes merupakan jalur seleksi mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN Maliki Malang untuk semua program. Persyaratan untuk mengikuti jalur mandiri tulis tes di UIN Maliki Malang yakni lulus pada 3 tahun terakhir (2022, 2023, dan 2024). Jalur ini menggunakan seleksi tes CBT (TKD, TKB, dan BTQ) dengan pilihan program studi semua program S1. Bagi yang mendaftar program studi kedokteran wajib melampirkan nilai UTBK SNBT.

Pendaftaran dibuka mulai 13 Mei hingga 12 Juli 2024 dan pengarahan teknis dilaksanakan pada 15 Mei 2024. Tes dilaksanakan pada tanggal 16, 17 dan 22 Juli 2024. Pengumuman hasil tes pada 26 Juli 2024.

Mandiri Non-Tes

Penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri non-tes UIN Maliki Malang adalah jalur penerimaan menggunakan nilai rapor dan/atau nilai hasil UTBK atau UMPTKIN, dan wawancara Baca Tulis Quran (BTQ).

Jalur ini bertujuan menyeleksi mahasiswa baru yang unggul di bidang akademik. Proses seleksi mandiri non-tes dilakukan secara daring melalui Google Meet. Program ini dibuka untuk semua pilihan program studi S1 kecuali Pendidikan Dokter.

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 13 Mei hingga 12 Juli 2024 dan pengarahan teknis akan dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2024. Tes dilaksanakan pada tanggal 16, 17 dan 22 Juli 2024. Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 26 Juli 2024.

Mandiri Prestasi

Jalur mandiri prestasi adalah jalur yang disediakan oleh UIN Maliki Malang bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik. Persyaratan untuk dapat mendaftar jalur ini, antara lain merupakan lulusan 3 tahun terakhir (2022, 2023, atau 2024) serta memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang dibuktikan dengan dokumen pendukung.

Jenis prestasi yang dapat mendaftar, antara lain Hafalan Al-Quran, olahraga, kesenian, Qiroatul Kutub, hafalan hadis, dan olimpiade sains. Program studi yang dapat dipilih adalah semua program studi S1 kecuali Pendidikan Dokter. Proses seleksi ini dilaksanakan dengan wawancara prestasi.

Pendaftaran jalur mandiri prestasi di UIN Malang dibuka mulai tanggal  13 Mei hingga 12 Juli 2024 dan pengarahan teknis akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2024. Pelaksanaan tes wawancara pada tanggal 16, 17, dan 22 Juli 2024. Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 26 Juli 2024.

Informasi di atas adalah tiga jalur seleksi mandiri UIN Maliki Malang. Bagi yang ingin mendaftar, segera siapkan dokumen yang diperlukan dan tentu saja persiapkan diri untuk menghadapi tes CBT ataupun wawancara.

Informasi terkait penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri lebih lanjut dapat diakses di laman resmi PMB UIN Maliki Malang. (*)

Pewarta : Afifah Fitri Wahyuningtyas (MBKM)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.