Olahraga

PSSI dan PT LIB akan Gelar Kompetisi Usai Lebaran, Pengamat: Klub Butuh Kepastian

Minggu, 24 Januari 2021 - 09:30
44.63k
PSSI dan PT LIB akan Gelar Kompetisi Usai Lebaran, Pengamat: Klub Butuh Kepastian Pengamat Sepak Bola Indonesia, Fajar Junaedi saat diwawancarai oleh awak media (foto: Instagram/Fajar Junaedi)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengamat Sepakbola Indonesia, Fajar Junaedi menilai rencana PSSI dan PT LIB menggelar kompetisi usai Lebaran belum bisa dipastikan terlaksana.

Menurut Fajar, buruknya tata kelola sepakbola tanah air menjadi pelajaran bersama bagi semua federasi terkait. Dia mengatakan, jangan sampai masyarakat menaruh spekulasi lain terhadap fenomena ini.

"Belajar dari pengalaman yang terjadi, tidak bisa dipastikan apakah federasi bisa menggelar kompetisi setelah Lebaran. Selama ini yang terjadi adalah ketidakpastian, sebagai akibat dari buruknya manajemen tata kelola sepakbola kita di tangan federasi," kata Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) itu saat dihubungi TIMES Indonesia di Jakarta, Minggu (24/1/2021).

Peneliti Budaya dan Media Komunitas Sepakbola tersebut menegaskan jika izin tetap tidak diberikan oleh kepolisian dan PSSI terus gagal meyakinkan Polri. Maka, yang paling mungkin terjadi adalah klub menghentikan kontrak pemain dan ofisial. 

Tanpa ada kompetisi, klub akan mengalami penyusutan pemasukan. Apalagi selama ini, hanya ada segelintir klub yang berhasil mengelola pendapatan melalui merchandise. Kata dia, kebanyakan klub masih tergantung pada pendapatan tiket. "Artinya, buruknya tata kelola sepakbola kita akhirnya terakumulasi saat terjadi pandemi ini. Pondasi tata kelola sepakbola kita faktanya memang belum profesional," katanya. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.