https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Coliseum Inspirational Days: Menggali Kreativitas dan Merayakan Kesehatan Mental

Rabu, 09 Oktober 2024 - 20:39
Coliseum Inspirational Days: Menggali Kreativitas dan Merayakan Kesehatan Mental Himpunan mahasiswa Psikologi Universitas Brawijaya menggelar Pre event Coloseum X Inpirational days dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Mental di Gazebo TV, FISIP Universitas Brawijaya (Foto: Nanda Viola Vallenxia Sijabat/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG –  

C: Spesial performance live painting di Pre event Coliseum, dari Aliya Fitri Salsabila mahasiswa Komunikasi Universitas Brawijaya. (Foto: Nanda Viola Vallenxia Sijabat/TIMES Indonesia)

Times Indonesia, Malang–

 

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia, Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Brawijaya melalui Divisi Seni dan Keolahragaan mengadakan acara Coliseum Inspirational Days. Acara ini terdiri dari dua rangkaian, yaitu Pre Event dan Main Event. Main Event berupa pameran seni yang mengundang partisipasi dari mahasiswa Psikologi dan masyarakat umum.

Pre Event berlangsung pada 9 November 2024, bertempat di Gazebo TV FISIP Universitas Brawijaya. Acara ini merupakan kolaborasi antara Divisi Seni dan Keolahragaan serta Proker Inspirational Days dari Divisi Sosma Himapsi.

Thatyana Arti Putri, Ketua Pelaksana menjelaskan, Pre Event ini bertujuan meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya kesehatan mental, yang diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Adapun informasi mengenai Main Event akan diumumkan lebih lanjut melalui media sosial.

Acara ini menawarkan berbagai kegiatan menarik. Salah satu yang utama adalah workshop melukis dengan biaya pendaftaran Rp 15.000, di mana peserta diajak untuk mengasah kreativitas mereka sekaligus belajar teknik melukis yang bisa menjadi terapi bagi kesehatan mental.

Selain itu, ada juga workshop Magic Clay dengan biaya Rp 10.000, yang memberi peserta kesempatan untuk menciptakan karya seni dari tanah liat, membantu meredakan stres dan meningkatkan konsentrasi.

Tersedia juga beberapa booth interaktif, di antaranya: Follow Your Own Pathway yang mengajak pengunjung untuk mengikuti jalur dengan kuas, di mana setiap kali masuk ke lubang tertentu, mereka akan mendapatkan pertanyaan yang harus dijawab dan dimasukkan ke kardus.

Ada juga Rusak Buku Ini. Booth ini mengajak pengunjung mengekspresikan emosi mereka melalui berbagai tantangan, salah satunya menulis perasaan mereka hari ini sebagai simbol pembebasan beban mental.

Kemudian ada Healing Your Wounds. Booth ini mengajak pengunjung mengekspresikan perasaan mereka dengan memasukkan bola kapas sesuai dengan perasaan yang tertera. 

Panitia juga mengadakan acara Petals of Peace, sebuah workshop merangkai bunga dengan biaya Rp 10.000 hingga Rp 25.000 per buket.

Puncak acara adalah penampilan spesial Live Painting oleh Aliya Fitri Salsabila, mahasiswa Ilmu Komunikasi 2022 dari Fisip Universitas Brawijaya, yang akan dimulai pukul 15.00 WIB. Aliya akan melukis secara langsung, memberikan pengalaman visual yang inspiratif bagi para pengunjung.

Untuk dapat menikmati semua kegiatan di Main Event Coliseum 2024, pengunjung dapat membeli tiket yang memberikan akses ke seluruh workshop, booth, dan pertunjukan sepanjang hari.

Coliseum Inspirational Days diharapkan menjadi platform untuk tidak hanya merayakan kesehatan mental, tetapi juga mendorong masyarakat lebih terbuka dalam membicarakan isu-isu terkait kesehatan mental. (*)

 

 

 

 

Pewarta : Nanda Viola (MG)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.