https://malang.times.co.id/
Berita

Penumpang Meningkat, KAI Daop 8 Tambah Gerbong di Dua KA Lokal

Rabu, 09 Oktober 2024 - 18:28
Penumpang Meningkat, KAI Daop 8 Tambah Gerbong di Dua KA Lokal Kereta Api (KA) saat tiba di Stasiun Blimbing, Kota Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, SURABAYAKAI DAOP 8 Surabaya melakukan penambahan gerbong penumpang (stamformasi) di dua rangkaian Kereta Api (KA) lokal. Dua KA lokal yang ditambah gerbongnya itu adalah KA Dhoho Penataran dan KA Surabaya Kota-Pasuruan (Supas).

Senior Manager KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya, Bayu Gunawan mengatakan, penambahan gerbong dilakukan karena adanya peningkatan penumpang di dua KA lokal.

"Jadi, ini kami lakukan untuk memaksimalkan rangkaian sekaligus melakukan peningkatan pelayanan. Jadi, baik KA Dhoho Penataran dan Supas, kita tambah rangkaiannya," ujar Bayu di Stasiun Blimbing, Kota Malang, Rabu (9/10/2024).

Untuk KA Dhoho Penataran, dilakukan penambahan 2 gerbong. Sedangkan, untuk KA Supas dilakukan penambahan 1 gerbong.  

"Jadi untuk KA Dhoho Penataran, yang dulunya memiliki rangkaian 6 gerbong penumpang dan 1 gerbong pembangkit, maka kini menjadi 8 gerbong penumpang dan 1 gerbong pembangkit. Lalu untuk KA Supas, yang dulu 5 gerbong penumpang dan 1 gerbong pembangkit, sekarang menjadi 6 gerbong penumpang dan 1 gerbong pembangkit," ungkapnya.

Ia menerangkan, penambahan gerbong tersebut sudah dilakukan sejak tanggal 1 Oktober 2024.

"Dengan adanya penambahan gerbong ini, maka volume pengguna atau penumpang dari ketiga KA tersebut juga ikut meningkat," jelasnya.

Sementara, VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus menyebutkan, setelah dilakukan penambahan, volume penumpang ikut naik.

"Setelah seminggu lebih dilakukan penambahan rangkaian, maka volume pengguna pada KA lokal atau Commuter Line juga ikut mengalami kenaikan. Dimana secara keseluruhan, total volume pengguna Commuter Line di Wilayah 8 Surabaya mengalami peningkatan dari sebelumnya 39.275 orang per hari, kini menjadi 40.420 orang per hari," bebernya. 

Secara rinci, untuk KA Dhoho dan Penataran, total rata-rata volume harian mengalami peningkatan sebesar 2 persen atau sebanyak 1.533 orang per hari. Dibandingkan sebelum dilakukan penambahan rangkaian, yang tercatat hanya sebanyak 1.496 orang per hari.

Lalu untuk 8 perjalanan KA Dhoho Penataran yang ditambah rangkaiannya, juga tercatat ada kenaikan 14 persen. Dengan rata-rata volume pengguna per harinya sebanyak 1.062 orang. 

Kemudian, untuk volume harian KA Supas yang ditambah rangkaiannya, juga ikut mengalami kenaikan. 

Sementara itu, untuk volume harian Commuter Supas yang juga ditambahkan stamformasinya juga mengalami kenaikan. Dimana mengalami peningkatan hingga 18 persen atau sebanyak 552 orang per hari, dibandingkan sebelum dilakukan penambahan rangkaian yang rata-rata penggunanya hanya 468 orang per hari. 

Dengan tren peningkatan volume pengguna tersebut, maka KAI Commuter terus berkomitmen memberikan pelayanan yang prima dan maksimal. 

"Pencapaian ini menjadi dorongan bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan terus berinovasi supaya lebih baik lagi," ucapnya.

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.