https://malang.times.co.id/
Berita

JITEX 2024 Promosikan GuTea Kombucha, Minuman Kesehatan yang Siap Ekspor

Rabu, 09 Oktober 2024 - 11:58
JITEX 2024 Promosikan GuTea Kombucha, Minuman Kesehatan yang Siap Ekspor Perkenalan produk GuTea Kombucha di acara JITEX 2024. (Foto: Dok. JITEX 2024)

TIMES MALANG, MALANG – Jakarta International Expo (JITEX) 2024 berhasil membukukan transaksi lebih dari Rp 12 Triliun. Tahun ini, Pemprov DKI Jakarta menggandeng PT Ramu Racik Nusantara untuk mengadakan pameran besar dan workshop, karena dipandang memiliki sisi unik, inovasi dan ragam bentuk industri.

Bersama Pakar Mikrobiologi dari Universitas Brawijaya (UB) Malang, Prof. Dr. Ir. Elok Zubaidah, MP., Ramu Racik Nusantara berkolaborasi menciptakan formulasi bernama Kombucha GuTea yang dalam penelitiannya mampu memperbaiki metabolisme pada sistem digesti, pemulihan pada penderita kanker dan menjaga imunitas.

Kolaborasi riset berawal dari penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pada 26 April 2024 lalu di UB Malang. Dimana kolaborasi ini untuk memperluas penelitian kombucha tidak hanya pada efeknya terhadap kanker, tetapi juga pada kondisi autoimun dan genomik.

Keterlibatan Ramu Racik dalam JITEX memberikan kesempatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya probiotik dalam kehidupan modern, sekaligus membuka peluang kolaborasi bisnis guna mendukung kesehatan global melalui inovasi fermentasi. 

Meskipun GuTea Kombucha sudah export oriented, namun antusiasme peserta saat dipresentasikan dalam acara tersebut, telah menjadi bukti bahwa dengan adanya edukasi yang tepat, oleh pihak yang tepat dan ekosistem yang tepat, dapat memberikan kesadaran akan gaya hidup sehat yang tepat pula.

"Kami ingin hasil riset ini tidak hanya berguna dalam dunia akademik, tetapi juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi mereka yang membutuhkan solusi kesehatan alami," ujar Prof. Dr. Ir. Elok Zubaidah, MP, Rabu (9/10/2024).

Ia mengungkapkan, kolaborasi ini diharapkan tidak hanya berhenti pada penelitian dan hilirisasi, tetapi juga memberikan manfaat lebih di dunia kesehatan, terutama di Indonesia.

"Maka dari itu, hasil kolaborasi ini harus bisa berkelanjutan untuk memberikan dampak positif bagi dunia kesehatan, khususnya di Indonesia," ungkapnya.

Diketahui, Agenda pada JITEX ini sejalan dengan misi besar untuk mewujudkan tujuan dari Sustainable Development Goals yang salah satunya adalah Good Health and Well-being.

Komitmen ini diamini dari hasil transaksi gabungan yang tercatat mencapai lebih dari Rp 12 Triliun Rupiah saat ini. Mereka juga tengah mengantongi kerjasama dengan banyak pihak usai JITEX selesai digelar, termasuk rencana kerjasama dengan calon mitra di Eropa.

Rencananya dalam perhelatan selanjutnya, Pemprov DKI Jakarta akan mengundang kembali Ramu Racik Nusantara dalam perhelatan serupa. 

"Kedepannya, baik pemerintah maupun kami (Ramu racik) akan lebih giat mengedukasi seperti ini untuk membawa masyarakat pada gaya hidup sehat," ucapnya. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.