https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Pekan Arabi UM, Asah Kemampuan Bahasa Arab Melalui Lomba

Selasa, 08 Oktober 2024 - 17:46
Pekan Arabi UM, Asah Kemampuan Bahasa Arab Melalui Lomba Foto bersama para dosen, peserta lomba, dan panitia pada malam puncak Pekan Arabi di Sasana Budaya. Senin (7/10/2024) (Foto: Anin Saufa Pratiwi/TIMES Indonesia

TIMES MALANG, MALANG – Pekan Arabi yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Sastra Arab Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Pekan Arabi yang berupa rangkaian lomba bahasa Arab tingkat SMA/MA/Sederajat dengan skala nasional.

Edisi kali ini mengambil tema "Revitalisasi Keterampilan Bahasa dan Sastra Arab Sebagai Manifestasi Indonesia yang Berilmu dan Beradab” dan digelar selama 5 hari, mulai tanggal 3 hingga 7 Oktober 2024.

"Kami bertujuan untuk mengembangkan bahasa Arab bukan hanya sebagai bahasa yang dikesampingkan. Namun juga sebagai jembatan yang mampu menunjukkan orang-orang yang berilmu dan beradab," kata M. Latoiful Hikam, Ketua Pelaksana Pekan Arabi yang ke 34 ini, mengenai alasan memilih tema tersebut.

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Sastra Arab UM, Reinanda Wizarotul Khasanah, menambahkan bahwa tujuan diadakannya acara ini untuk memberdayakan, mengenalkan potensi, dan menumbuhkan cinta terhadap bahasa Arab di tingkat SMA/MA/Sederajat dan Pondok Pesantren.

Um-1.jpgPenampilan monolog pada malam puncak Pekan Arabi oleh Al-Karomi HMD Sastra Arab UM. Senin (7/10/2024) (Foto: Anin Saufa Pratiwi/TIMES Indonesia)

Selain itu, tujuan utama yang lain adalah sebagai wadah promosi Departemen Sastra Arab Universitas Negeri Malang  kepada para pelajar.

Acara dengan jargon "Bismillah Lillah Hattannajah" yang berarti "dengan nama Allah, kepada Allah, sampai sukses" ini dimulai dengan pembukaan pada hari Kamis tanggal 3 Oktober 2024 berlokasi di Audio Visual Aula (AVA) Fakultas Sastra, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba-lomba yaitu Munadzarah 'Ilmiyyah (debat), Al-Ghaz (cerdas cermat), Khatabah (pidato), Taqdimul Qishshah (mendongeng), Musabaqah Qira'atul Kutub (membaca kitab), Qiraatus Syi'ir (puisi), Ghina Araby (menyanyi), Kaligrafi Kontemporer, dan Olimpiade Bahasa Arab.

Pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu yang dilakukan di Aula Perpustakaan, Laboratorium Drama, Laboratorium Komputer D15, dan AVA Universitas Negeri Malang.

Penutupan sekaligus puncak acara Pekan Arabi atau disebut dengan Laylah Araby yakni malam bahasa Arab yang di dalamnya terdapat penampilan-penampilan dan pengumuman pemenang peserta lomba Pekan Arabi 2024 yang dilakukan di Sasana Budaya UM dengan venue yang lebih luas.

Dalam puncak acara perlombaan tersebut memperoleh hasil sebagai berikut;

1. juara 1 lomba Munadzarah 'Ilmiyyah (debat) dimenangkan oleh Gusti, Ilham, dan Ahmad asal LPBA NURUL JADID B

2. juara 1 lomba Al-Ghaz (cerdas cermat) diraih oleh Daffa, Cyrus, dan Shiddiq asal MA Al Irsyad Tengaran

3. juara 1 lomba Khatabah (pidato) diberikan kepada Nasywa asal MA Nurul Ulum

4. juara 1 lomba Taqdimul Qishshah (mendongeng) dimenangkan oleh Raesya dari MA Darussalam Sengon

5. juara 1 lomba Musabaqah Qira'atul Kutub (membaca kitab) diraih oleh Fikri asal Pondok Pesantren An Nur 2 Al Murtadlo

6. juara 1 lomba Qiraatus Syi'ir (puisi) diberikan kepada Kamilia dari Pondok Pesantren TMI Al Amien Prenduan

7. juara 1 lomba Ghina Araby (menyanyi) dimenangkan oleh Rodhit asal MAN 1 Pasuruan

8. juara 1 lomba Kaligrafi Kontemporer diraih oleh Natasya dari Sanggar Juna Jombang

9. juara 1 lomba Olimpiada Bahasa Arab diberikan kepada Mussafa' asal MAI Attanwir

10. juara umum dimenangkan oleh Pondok Pesantren An Nur 2 Al Murtadlo

Meka, peserta lomba kelas 12 asal Jombang, mengungkapkan bahwa Pekan Arabi mempunyai banyak manfaat seperti menambah skill, pengalaman, wawasan, dan bertemu teman-teman baru dari sekolah lain. (*)

Pewarta : Anin Saufa Pratiwi (MG)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.