https://malang.times.co.id/
Berita

Amithya Sirraduhita Dipilih Jadi Ketua DPRD Kota Malang

Senin, 07 Oktober 2024 - 19:46
Amithya Sirraduhita Dipilih Jadi Ketua DPRD Kota Malang Amithya Ratnanggani Sirraduhita kader PDIP yang dipilih menjadi Ketua DPRD Kota Malang. (FOTO: Ist)

TIMES MALANG, MALANG – Mantan Ketua Komisi D DPRD Kota Malang, Amithya Ratnanggani Sirraduhita, dipilih dan diusulkan oleh DPP PDI Perjuangan, untuk menjadi Ketua DPRD Kota Malang. 

Usulan tersebut disampaikan dalam rapat paripurna DPRD, yang berlangsung secara tertutup, Senin (7/10/2024), di Gedung DPRD Kota Malang.

Sebelumnya, DPRD juga telah mengusulkan tiga kursi pimpinan DPRD. Di antaranya, Abdurrahman dari PKB menempati Wakil Ketua 1 DPRD, Trio Agus Purwono dari PKS sebagai Wakil Ketua 2 DPRD dan Rimzah dari Gerindra, menjadi Wakil Ketua 3 DPRD. Bahkan untuk ketiganya, sudah disampaikan usulannya pada rapat paripurna, Jumat (27/09/2024) lalu.

Wakil Ketua Sementara DPRD Kota Malang, Abdurrahman, membenarkan hal tersebut. Pembahasan rapat paripurna usulan pimpinan DPRD Kota Malang itu, berlangsung dengan aman dan lancar. 

"Usulan di rapat paripurna. PDIP mengusulkan Amithya Ratnanggani Sirraduhita. Sebelumnya, PKB, PKS serta Gerindra, juga mengusulkan nama-nama. Saya jadi Waka 1, Trio Agus Purwono Waka 2 dan Rimzah Waka 3," ujar pria yang akrab disapa Abah Dur, Senin (7/10/2024).

Setelah dilakukan usulan pimpinan DPRD secara keseluruhan, selanjutnya, tinggal menunggu surat keputusan (SK) dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. 

Setelah mendapatkan SK, lanjutnya, segera dilaksanakan pelantikan kepada empat pimpinan DPRD, oleh Pengadilan Negeri. 

"Selepas pelantikan pimpinan DPRD selesai, baru kami melangkah ke tahap pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD)," ungkapnya.

Ditanya soal kapan SK dari Provinsi Jawa Timur itu turun, ia mengaku belum berani memastikan kapan turunnya SK itu. Terpenting, sudah ada usulan dari parpol masing-masing, dengan mengikuti mekanisme, prosedur dan tahapannya.

"Perihal pelantikan pimpinan DPRD, kita mesti menunggu SK-nya turun terlebih dulu. Kita sudah menginformasikan ke Sekretaris DPRD untuk segera mengirimkan ke Provinsi. Apakah akan ada revisi atau perlu perbaikan dan penyempurnaan," tuturnya.

Sementara, Ketua DPC PDIP Kota Malang, I Made Riandiana Kartika menyebut, usulan atau penunjukkan DPP PDIP ke Amithya Ratnanggani Sirraduhita menjadi Ketua DPRD, pihaknya siap mendukung dan menjalankan apa yang telah diperintah oleh DPP PDIP.

"Pada prinsipnya kami siap menjalankan apa yang telah diperintahkan oleh DPP. Semua yang menjadi pilihan DPP, itu adalah hak prerogatif Ketua Umum. Kita harus tunduk dan patuh, sekaligus menjalankan kebijakannya," kata Made.

Dengan begitu, ia berharap pelantikan Ketua DPRD beserta tiga pimpinan lainnya, bisa dilaksanakan secara bersamaan. Tidak dua kali pelantikan. Sebab, tiga pimpinan DPRD telah diusulkan sejak Jumat (27/09/2024) lalu. 

"Hari ini kita baru mengusulkan di paripurna untuk Ketua DPRD nya. Harapannya, pelantikan Ketua DPRD, menjadi satu. Tidak sampai terjadi dua kali pelantikan agar waktunya lebih efektif dan efisiensi," ucapnya. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.