https://malang.times.co.id/
Berita

Produk Kecantikan Menjadi Kategori Produk Paling Efektif Menggunakan Influencer

Senin, 22 Agustus 2022 - 23:22
Produk Kecantikan Menjadi Kategori Produk Paling Efektif Menggunakan Influencer Ilustrasi produk kecantikan sebagai kategori produk paling efektif menggunakan influencer. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, JAKARTA – Berdasarkan survei WOW Influencer yang dilakukan oleh MarkPlus kepada 1.000 netizen Indonesia menunjukkan produk kecantikan, produk makanan dan minuman Sehat serta produk makanan dan minuman instan merupakan kategori produk yang paling efektif ketika menggunakan influencer sebagai media pemasarannya.

Manager MarkPlus, Inc, Aniza Nurfebriany mengatakan, survei tersebut tidak hanya sebatas melihat jumlah followers maupun pemilihan platform media sosial yang efektif, kecocokan kategori produk dengan penggunaan influencer juga perlu diperhatikan. Apakah kategori produk tersebut mudah diingat masyarakat dan sering dikaitkan dengan influencer?.

Aniza mengungkapkan, berdasarkan hasil survei, produk kecantikan memiliki persentase tertinggi sebanyak 91% sebagai produk yang paling sering dikaitkan dengan influencer. Dilanjutkan dengan produk makanan dan minuman sehat dengan persentase 84%, dan produk makanan dan minuman instan dengan persentase 62%.

produk-kecantikan-2.jpg

Anize menerangkan, brand kecantikan seperti Scarlett, MS Glow dan Somethinc dapat menjadi salah satu bukti kesuksesan brand kecantikan dalam menggunakan influencer marketing. Brand-brand tersebut berhasil dikenal khalayak luas karena seringkali direkomendasikan maupun diulas oleh para influencer dari berbagai kalangan.

Pada produk makanan dan minuman sehat terdapat catering Yellowfit dan Mie Lemonilo. Sedangkan, Kanzler sebagai brand produk makanan dan minuman instan juga merupakan brand yang berhasil dalam pemanfaatan influencer marketing sebagai salah satu media pemasarannya.

Kesuksesan brand-brand dari tiga kategori produk tertinggi yang dikaitkan dengan influencer tersebut menjadi pertimbangan yang dapat diikuti jejaknya oleh perusahaan pada kategori yang sama untuk menerapkan influencer marketing.

“Melalui temuan riset ini, para brand dapat mengetahui kategori produk yang efektif menggunakan influencer marketing serta influencer seperti apa yang memiliki pengaruh kuat bagi pemasaran suatu produk. Sehingga nantinya, ketika brand ingin berkolaborasi dengan influencer akan mendapatkan hasil yang maksimal," tandas Manager MarkPlus, Inc, Aniza Nurfebriany.

Berikut urutan hasil survei WOW Influencer yang dilakukan MarkPlus dari yang tertinggi hingga terendah yaitu, produk kecantikan 91%, produk makanan dan minuman sehat 84%, produk makanan dan minuman instan 62%, produk kesehatan 47%, produk elektronik dan gadget 40%, produk kebersihan dan perawatan pribadi 37%, produk dapur 27%, produk properti dan furnitur 22%, produk automotive 20%, transportasi dan logistik 14%, produk aplikasi fintech 10%, produk perbankan 8%, produk asuransi 7%, lalu yang terakhir produk pembiayaan dan produk sumber daya, utilitas dan infrastruktur dengan persentase terendah yaitu 4%. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.